SARJANA TEKNIK SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI BANDUNG (STTB), SIAP BERSAING DALAM DUNIA KERJA



Wisuda XIII STTB (sumber foto: Rahmi Aulia Hidayat)

Sabtu, 8 Desember 2018, menjadi hari bersejarah bagi 183 mahasiswa dari Sekolah Tinggi Teknologi Bandung. Pada hari ini mereka yang terdiri dari 106 orang lulusan fakultas Teknik Industri dan 77 Teknik Infomatika berhasil melewati jenjang pendidikannya dan mendapat gelar Sarjana.
Acara wisuda yang diselenggarakan di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink, Bandung. Rangkaian acara berjalan dengan lancar dan khidmat dengan diawali Tari Jaipongan Makalangan yang dibawakan oleh mahasiswi STTB. Dilanjut dengan sambutan, prosesi pelantikan wisudawan, hingga acara penandatanganan MOU lakukan kerjasama dengan STTB.
 
Tari Jaipong Makalangan (sumber foto: Rahmi aulia Hidayat)
Selayang Pandang Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
Ketua STTB, Bapak Muchammad Naseer, S. Kom., M.T. menyampaikan dalam sambutannya, bahwa STTB berdiri pada tanggal 5 Oktober 1991 dengan Surat Keputusan Dirjen DIKTI No. 197/DIKTI/Kep/1992. Sekolah ini memiliki tujuan menghasilkan sarjana dan tenaga ahli yang kompeten, sehingga mampu menghadapi tantangan global.
Ketua STTB, Bapak Muchammad Naseer, S.T., M.T. (sumber foto: Eva Sri Rahayu)

Hingga saat ini, STTB telah berhasil mencetak 1355 Sarjana yang berasal dari 3 jurusan, yaitu Teknik Industri, Teknik Informatika, dan Desain Komunikasi Visual. Para mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah Indonesia dan luar negeri seperti Sumatera, Sulawesi, Papua hingga Qatar dan Malaysia telah berhasil masuk beberapa perusahaan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperolehnya.
Tenaga pengajar yang dimiliki oleh STTB juga memiliki kompetensi profesional. Dosen yang berjumlah 120 orang ini telah ikuti pendidikan S2 hingga S3. Hal ini tentu mengingkatkan kualifikasi tenaga pengajar yang akan mendidik para mahasiswa.

Kerjasama STTB dengan Lembaga Profesional Lain
Dalam acara Wisuda XIII STTB ini diadakan juga penandatanganan MOU dengan beberapa lembaga sebagai mitra untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Diantaranya bersama Universitas Nasional PASIM, PT. POS, Bank Sampah Bersinar, PT. SLU, CMYK, dan HUNGCHI Taiwan.
Penandatanganan MOU (sumber foto: Rahmi Aulia Hidayat)

Hubungan kerjasama dengan beberapa perusahaan atau lembaga baik pemerintah ataupun swasta menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensinya. Kesempatan kerja yang terbuka lebar akan diperoleh bagi mereka yang mampu berkompetisi sehat saat lakukan kegiatan magang atau penelitian yang berhubungan dengan tugas perkuliahan.
Sebagai salah satu contoh, saat ini ada 13 orang mahasiswa yang mengikuti program intership di Taiwan. Ini menjadi peluang emas bagi mereka untuk dapat belajar dan bekerja. Kabar bahwa mereka mendapat penghasilan sekitar 4-6 kali lebih besar dari UMR Bandung tentu menjadi bonus yang luar biasa.
Dalam acara wisuda ini juga disampaikan orasi ilmiah oleh dr. Cyrille, dari SCHWOB,APAC Head of Research & Technology Development at Airbus. Dia menyampaikan bahwa peluang kerja dalam teknologi terbuka lebar bagi para mahasiswa yang mau bekerja keras.

Prestasi Para Mahasiswa
Tagline “Your Partner to Global Competition” menjadi spirit dari STBA. Ini terbukti dari banyaknya prestasi yang diraih oleh para mahasiswa. Baik yang berhubungan dengan akademik maupun non akademik.
Pemberian penghargaan mahasiswa berprestasi (sumber foto: Rahmi Aulia Hidayat)

Prestasi gemilang pernah ditorehkan oleh Tina Sri Handayani, S. T. Mahasiswi Teknik Informatika ini berhasil meraih Medali Emas pada cabang olahraga Lari 200 m, Medali Perak Lompat Jauh, dan Medali Perunggu Lari 100 m pada Pekan Paralimpik Daerah (PEPARDA) V 2018 yang diselenggarakan di Stadion Stadion Pekan Sari Cibinong.
Para lulusan terbaik pun berhasil terbitkan skripsi dengan penelitian yang mencengangkan. Inovasi yang penuh dengan ide kreatif muncul untuk dapat diaplikasikan dalam dunia kerja.

Selamat untuk semua Wisudawan XIII STTB, semoga sukses dan dapat menjadi generasi muda yang tangguh dan berprestasi. Harapan STTB menjadi Universitas di tahun 2022, semoga dapat tercapai agar dapat hasilkan generasi muda yang miliki kompetensi gemilang di era globalisasi masa depan.








6 komentar: