KELAS BLOGING FOR BEGINER (JOERAGAN ARTIKEL)






Gayung bersambut adalah istilah yang tepat waktu dapat info kelas ini. Beberapa pekan sebelum gabung dengan kelas ini saya sudah membuat blog. Tapi saya belum tahu bagaimana cara memposting tulisan yang menarik, optimalisasi penggunaan blog dan cara produktif melalui blog.
Setelah melihat info kelas di timeline tentang BLOGING FOR BEGINER yang diadakan oleh Joeragan Artikel, saya langsung tertarik untuk bergabung. Training yang dilakukan selama 7 hari ini ternyata punya banyak materi menarik dan langsung mengajak para pesertanya praktek dengan teori yang sudah diberikan.
Training yang dilakukan secara online ini diikuti oleh beberapa peserta yang berjauhan tempat tinggalnya. Dunia online lagi-lagi membuktikan bahwa jarak tidak menjadi kendala untuk orang yang mau belajar.


Materi pertama yang disampaikan di kelas ini adalah:
1.      Mengenal Blog dan Platformnya
Materi ini membahas dua jenis platform blog, yaitu berbayar dan gratis. Untuk pemula mungkin lebih baik memilih yang gratis, karena platform ini ternyata dapat dioptimalisasikan sebagai tempat untuk menuangkan ide dan kretaifitas pemilik blog dalam menulis. Platform gratis yang umum digunakan ada dua, yaitu blogger/blogspot dan wordpress.com.
2.      Manfaat dan Fungsi Blog
Blog merupakan media yang tepat bagi orang yang mau belajar menulis, mengasah kemampuan dan mencoba hal baru dengan dunia menulis. Namun seiring perkembangan zaman, blog bukan hanya sebagai media untuk menulis saja. Blog juga dapat menjadi media untuk bisa menghasilkan uang. Menghasilkan materi dari menuliskan hal menarik dan bermanfaat akan membuat blog kita banyak dikunjungi para pembaca. Ini akan bepeluang blog kita didatangi juga oleh sponsor yang akan menyimpan iklan di halaman blog yang kita miliki.
3.      Tutorial Membuat Blog untuk Pemula dengan Template Blogspot
Materi ini diberikan pada peserta yang belum membuat blog. Instruksi yang terperinci diberikan sehingga peserta dapat ikuti tutorial dengan mudah. Panduan dari mentor juga sangat membantu peserta, sehingga mereka berhasil membuat blog sendiri.
Setelah materi pertama selesai, para peserta dibagi menjadi dua kelompok kecil. Hal ini akan memudahkan komunikasi seputar pembelajaran. Pemberian tugas pun segera datang dengan meminta para peserta memberikan review tentang kelas ini.
Tugas ini merupakan pengalaman pertama saya membuat review, jadi masih bingung ketika akan menulisnya. Beruntunglah mentor Dira Indira dan Rahayu Asda memberi motivasi agar lebih percaya diri dengan tulisan dan mempostingnya di blog.
Tak sabar menanti materi selanjutnya, semoga bisa tetap menjaga semangat dan ikuti training hingga selesai. Tentunya, harapan yang paling besar adalah dapat memiliki blog yang dapat memberi manfaat bagi orang banyak.

2 komentar:

  1. Iyess mbak, memilikinblog sebagai pertofolio penulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tq, Mbak Rahayu, maaf baru balas. Tenggelam dalam dunia sendiri dan sekarang mau mulai kembali. Mohon bimbingannya yaaa

      Hapus